Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pairs Share (TPS) Improving Science Learning Achievement Through Think-Pairs Share (TPS) Cooperative Learning Model

Main Article Content

Rusman Rusman

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan guru sangat berpengaruh dalam menciptakan situasi belajar yang benar-benar menyenangkan dan mendukung kelancaran proses belajar mengajar, serta sangat membantu dalam pencapaian prestasi belajar yang memuaskan. Akan tetapi, dalam pelaksanaan di lapangan pembelajaran banyak didominasi oleh guru sehingga kurang mampu membangun persepsi, minat, dan sikap siswa yang lebih baik. Hal tersebut juga dijumpai di SDN Pinggir Papas 1 Sumenep, siswa sulit memahami materi yang ada. Kendala yang terjadi adalah siswa merasa bosan dan tidak berminat mengikuti pembelajaran IPA. Hasil nilai ulangan harian dari 25 siswa hanya 9 siswa (36%) yang mendapatkan nilai di atas KKM (65). Dari hasil tersebut, peneliti merasa perlu sekali melakukan perbaikan pembelajaran agar sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan, yaitu dengan menerapkan model  pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS). Sesuai rumusan masalah “apakah model pembelajaran kooperatif Think-Pairs-Share (TPS) dapat meningkatkan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas IIIA SDN Pinggir Papas 1 Sumenep?”, maka dilakukan metode penelitian dengan observasi dan tes. Hasil dari dua siklus penelitian yang melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi diperoleh hasil prestasi belajar siswa meningkat dari 67,8 dengan ketuntasan belajar 72% menjadi 80,4 dengan ketuntasan 100%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pairs Share mampu meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IIIA SDN Pinggir Papas 1 Sumenep, dengan peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 28% melebihi kriteria peningkatan yang ditentukan yaitu 20%. Selain itu, model pembelajaran kooperatif Think Pairs Share efektif digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran di kelas dapat menjadikan siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran oleh guru.

Article Details

How to Cite
Rusman, R. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pairs Share (TPS). Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(1), 67-79. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.58
Section
Education Media and learning resources

References

Akbar, S. Faridatus, L. 2009. Prosedur Penyususnan Laporan dan Artikel. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Prosesdur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarata: Rineka Cipta.

Assyafi'i, Arif Fadholi Wahid. 2009. Kelebihan Dan Kekurangan TPS.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardini, Isriani. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media).

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningrum, Herdiana Prasetya. 2010. Panduan Pendidik: Menjadi Guru Teladan. Jakarta: CV. Ghina Walafafa.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, N. S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susdamayanti, Rini. 2013. Penelitian Tindakan Kelas: Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Bandung 3 Bangkalan. Surabaya: UNIPA (Skripsi tidak dipublikasikan).

Thobroni, Muhammad dan Mustofa, Arif. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wibowo, Sarwo Edi. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan Media CD Pembelajaran pada Siswa Kelas V SDN Mangunsari Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Winataputra, Udin S. 2007. Cara Teori belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.