Kolaborasi Metode Ceramah, Diskusi dan Latihan Pada Materi Perkembangan Teknologi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Collaborating Lecture, Discussion and Practice Methods on Technology Development Materials to Improve Learning Achievement

Main Article Content

Maski Maski

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan interaksi antara guru dengan siswa. Setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, dalam praktek pembelajaran mustahil menggunakan satu metode saja. Kombinasi (kolaborasi) penggunaan beberapa metode merupakan keharusan dalam praktek pembelajaran. Terkait dengan parktek pembelajaran di kelas, peneliti selaku guru kelas mengalami permasalahan dalam pelajaran IPS mendeskripsikan materi “Perkembangan Teknologi” pada siswa kelas IVB yang berdampak pada rendahnya prestasi siswa. Penyebab kegagalan tersebut yaitu metode yang digunakan kurang tepat dan kurangnya motivasi siswa dalam mendiskripsikan persoalan. Oleh karena itu peneliti mencoba menggunakan kolaborasi metode ceramah, diskusi dan latihan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap siswa kelas IVSDN Pinggir Papas 1 selama dua siklus, kolaborasi metode ceramah, diskusi dan latihan dapat meningktkan prestasi belajar siswa. Untuk prestasi belajar siswa yang tuntas secara indvidu mulai dari siklus I sebanyak 22 siswa (73%) dengan nilai rata-rata 74, pada siklus II bertambah menjadi 27 orang (90%) dengan nilai rata-rata 87. Sedangkan untuk  aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat penilaian 60% meningkat menjadi 93,3% pada siklus II, maka dapat dikatakan bahwa pada siklus II ini perbaikan pembelajaran yang dilakukan guru dengan menggunakan kolaborasi metode ceramah, diskusi dan latihan telah berhasil menjadikan siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Maski, M. (2014). Kolaborasi Metode Ceramah, Diskusi dan Latihan Pada Materi Perkembangan Teknologi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(1), 37-44. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.55
Section
Education Media and learning resources

References

Arsyad, Maidar G., dan Mukti U.S., Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga, 1991, Cet. Ke-2.

Halmar, Mustopa. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Unissula Press.

Hasibuan, JJ., Moedjiono. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remadja Rosdakarya.

Indarwanti, Wiwik Fetiana. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Share) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Smp Penda Tawangmangu Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Tahun Ajaran 2009/2010. Surakart: Universitas Sebelas Maret.

Mandasari, Erni. 2010. Kolaborasi Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Ceramah dan Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri 12 Malang. Malang: UNM.

Munandar, Utami. 2004. Perkembangan Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Ningrum, Herdiana Prasetya. 2010. Panduan Pendidik: Menjadi Guru Teladan. Jakarta: CV. Ghina Walafafa.

Saktyowati, D. O. 2011. Meningkatkan Mutu Pendidik Dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: CV. Ghina Walafafa

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suherman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kontemporer, Edisi Revisi. FMIPA. Unversitas Pendidikan Indonesia.