Penenerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN Gading 1 Sumenep


Application of Quantum Teaching Method to Social Studies Learning Outcomes for Class II Students at SDN Gading 1 Sumenep


  • (1) * Jatminika Ningsih Alani Mikaningsih            SDN Ganding 1 Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) juga tidak lepas dari kecenderungan proses pembelajaran teacher centered, proses pembelajaran lebih banyak dikuasai oleh guru. Terkait belum optimalnya hasil belajar IPS, dialami pula oleh siswa kelas II SDN Ganding 1 Sumenep. Untuk itu, peneliti selaku guru berupaya untuk menggunakan metode Quantum Teaching sebagai salah satu alternatif pembelajaran bermakna yang bermuara pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga diharapkan hasil belajar yang diperoleh siswa juga meningkat. Ada lima prinsip yang mempengaruhi seluruh aspek metode Quantum, yaitu segalanya berbicara, segalanya bertujuan, pengalaman sebelum pemberian nama, akui setiap usaha, jika layak dipelajari maka layak pula dirayakan.Penelitian ini berlangsung di SDN Ganding 1 Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep yaitu pada siswa kelas II berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa penerapan Metode Quantum Teaching dengan kerangka TANDUR dalam pembelajaran IPS dapat memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN Ganding 1 Sumenep yaitu pada materi Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga. Hal ini ditandai oleh peningkatan hasil evaluasi unjuk kerja kelompok pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 63, pada siklus II meningkat mencapai 88,3. Kemudian hasil nilai rata-rata pada dua kali pos tes juga menunjukkan peningkatan dari 75,5 menjadi 98. Selain itu, melalui penerapan metode quantum teaching, keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dapat ditingkatkan. Hal ini terbukti pada saat proses pembelajaran berlangsung, pada siklus II sebagian besar siswa (89%) berpartisipasi secara aktif dalam keompok.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Magfiroh, Umi. 2009. Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Matematika “Luas Permukaan Bangun Ruang” Melalui Metode Kuantum (Quantum Teaching) “Tehnik Tandur” Siswa Kelas VI SDN Tawangsari I Pujon Tahun Pelajaran 2008/2009. Malang: Dinas Pendidikan (PTK tidak dipublikasikan).

Mulyasa, E. 2005. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pribadi, Benny A. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Dian Rakyat.

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC

Wardhani, Igak, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yonny, Acep. Dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2014-02-28
 
How to Cite
Mikaningsih, J. N. A. (2014). Penenerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN Gading 1 Sumenep. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(1), 28-36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.54
Section
Education Media and learning resources