Peningkatan Hasil Belajar IPS siswa Kelas VI SDN Kalianget Timur IX Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Improving Social Studies Learning Outcomes for Class VI students of SDN Kalianget Timur IX through the Jigsaw . Cooperative Learning Method

Main Article Content

Ida Umahatin Nurhatimah

Abstract

Metode yang dimaksud adalah metode pembelajaan kooperatif model jigsaw, yaitu model belajar kooperatif dengan siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari tiga sampai enam orang secara heterogen dan bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri.Peneliti menemukan setiap kelompok jika melakukan kerja kelompok tidak berhasil, siswa cenderung saling menyalahkan bahkan muncul perasaan tidak adil. Akibatnya, metode kerja kelompok yang peneliti terapkan seharusnya bertujuan baik, yakni menanamkan rasa persaudaraan dan kemampuan bekerjasama, justru bisa berakhir dengan kekurang harmonisan dan rasa tidak adil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siswa kelas VI. Untuk itu digunakan metode observasi aktivitas guru dan siswa, serta metode tes yang dilakukan terhadap siswa-siswi kelas VI SDN Kalianget Timur IX Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep selama dua siklus. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa pembelajaran IPA dengan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus II sebesar 78,5 atau meningkat sebesar 18 jika dibanding dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 60,5. Pada siklus II 100% siswa tuntas belajarnya dibandingkan siklus I yang hanya sebesar 60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siswa kelas VI SDN Kalianget Timur IX Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yaitu sebesar 29,75% melebihi kriteria peningkatan yang ditentukan yaitu sebesar 20%.

Article Details

How to Cite
Nurhatimah, I. U. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPS siswa Kelas VI SDN Kalianget Timur IX Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(1), 19-27. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.53
Section
Education Media and learning resources

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, Kepala Sekolah Dan Pengawas . Yogyakarta: Aditya Media

Setyaningrum, Dini. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Tegalsari 08 Kota Tegal. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning Teori,Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Takari R, Enjah. 2010. Pembelajaran IPA dengan SAVI dan Kontekstual. Jakarta: Genesindo.

Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogjakarta: Pustaka Insan Mandiri