Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPS Melalui Teknik Pick Up Cards Game di SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember Improving Activities and Learning Outcomes in Social Studies Learning Through Pick Up Cards Game Techniques at SDN Kebonsari 04 Jember Regency

Main Article Content

Chumi Zahroul F
Charisyah Widya Y

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember. Desaian penelitian yang digunakan adalah PTK dapat meningkatkan aktivitas belajar. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, tiap siklus 2 kali pertemuan. Dengan hasil pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I, akivitas belajar siswa yang paling tinggi yaitu  memperhatikan  penjelasan  guru  (86,25%)  dan  yang  paling  rendah yaitu berdiskusi dengan kelompok (66,88%). Persentase klasikal aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 29,6%  menjadi 74,13%  yang termasuk dalam  kategori aktif. Pada siklus II, akivitas belajar siswa yang paling tinggi yaitu  memperhatikan penjelasan  guru  (90,62%)  dan  yang  paling  rendah  yaitu  berdiskusi  dengan kelompok  (79,37%).  Persentase klasikal  aktivitas  belajar  siswa  dari  siklus  I mengalami peningkatan sebanyak 9,36% menjadi 83,49% yang termasuk dalam kategori sangat aktif. Penerapan pembelajaran melalui teknik Pick Up Cards Game pada siswa  kelas IVB di SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember dapat meningkatkan hasil belajar  siswa  pada  siklus  I  dan siklus  II.

Article Details

How to Cite
Zahroul F, C., & Widya Y, C. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPS Melalui Teknik Pick Up Cards Game di SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 50-58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.46
Section
Education Media and learning resources

References

Anitah, Sri. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arends R. 2001. Learning To Teach. New York. Mc Graw Hill Companies, Inc

Barlia, Lily. 2006. Mengajar Dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar.Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Borich, Garry D. 1994. Observation Skill For Effective Teaching. New York: Mc.Graw Hill Companies.

Dick, Walter and Carey Lou. 1990. The Systematic Design of Instructional. Third Edition, Florida, United States of Amerika: Harper Collins Publisher.

Dimyati, M. 1999. Pengajaran Ilmu-ilmu Sosial di Sekolah: bagian integral system ilmu pengetahuan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.

Depdiknas. 2006. Model Penilaian Kelas: KTSP SD/MI. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Departemen Pendidikan Nasional.

Hergenhahn.2009. Theories of Learning. Jakarta : Prenada Media Group.

Ibrahim, M. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.

Ischak, Dkk. 2004. Pendidikan IPS SD. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Jarolimek, J. And Parker. W.C. (1977). Social Studies in Elementary Education. New York: MacMillan Publishing Company.

Joyce, Bruce and Weil Marsha. 1992. Models of Teaching, Fourth Edition, Massachussetts: Allyn and Bacon A Division of Simon & Schuster Inc.

Komalasari, Kokom.2010. Pembelajaran Konstektual. Bandung: Refika Aditama.

Malajdim, M . 2003 . Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Penemuan Dan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Tidak Diterbitkan. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ratumanan, Tanwey. 2003. Evaluasi Hasil Belajar Yang Relevan Dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa Univesity Press.

Rosmalah. 2002. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPS di SDN Sumbersari Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Unviversitas Negeri Malang.

Rustini, Tin. 2003. Penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Retorika Vol.2 No. 2 UNS Surakarta.

Sagala, Syaiful.2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Prenada Media Group.

Sapriya.2009. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin, Robert.1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Indeks.

Subroto, W . 2003. Pendidikan IPS. Surabaya: Insan Cendikia.

Soemantri dan Muhidin. 2006. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung : CV Pustaka Setia.

Soemantri, NM. 2001.Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Soetardjo. 1998, Proses Belajar Mengajar dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. Surabaya:SIC.

Sudjarwo.1989. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.

Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, NS. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sumaatmadja, N.1986. Pengantar Ilmu Sosial. Bandung: Alumni.

Suradi. 2007. Aplikasi Pendekatan Inkuiri Dalam Pengembangan Nilai Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial. Tesis. Bandung: PPS-UPI.

Wahab, AA. 2007. Metode dan Model – Model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta.

Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Edisi Revisi. Jakarta: Grasindo

Wurdjinem. 2006. Pengembangan Sumber Belajar IPS dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses. Jurnal IPS. Bengkulu: Cakrawala Pendidikan.