Penggunaan Pendekatan Bermain dan Berlomba Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tolak Peluru Gaya Membelakangi Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Petung II Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan The Use of Play and Competition Approaches to Increase the Effectiveness of Backward Style Bullet Reject Learning for Grade IV Students at SD Negeri Petung II, Pasrepan District, Pasuruan Regency

Main Article Content

Bakhrul Ulum

Abstract

Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Tolak peluru gaya membelakangi adalah salah satu nomer lempar dari cabang atletik. Melalui pembelajaran tolak peluru gaya membelakangi, diharapkan siswa lebih senang, aktif, paham terhadap materi dan terampil dalam penguasaan. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa efektivitas pembelajaran tolak peluru gaya membelakangi di SD Negeri Petung II Kecamatan Pasrepan masih kurang optimal. Siswa masih banyak yang tidak senang, tidak memperhatikan dan tidak aktif di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran tolak peluru setelah melakukan bermain dan berlomba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran tolak peluru gaya membelakangi dengan pendekatan bermain dan berlomba. Melalui bermain dan berlomba ini, siswa melakukan tolak peluru sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga tolak peluru. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 3 siklus.

Article Details

How to Cite
Ulum, B. (2013). Penggunaan Pendekatan Bermain dan Berlomba Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tolak Peluru Gaya Membelakangi Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Petung II Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 14-35. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.44
Section
Education Media and learning resources

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bahagia, Yoyo. 2005. Pembelajaran Atletik Implementasi Pembelajaran Nomor Lempar. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/194903161972111-YOYO_BAHAGIA/RINGKASAN_HASIL_PENELITIAN.pdf), diakses 13 Desember 2012.

BSNP, 2006. Standar Isi Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Badan Standar Satuan Pendidikan.

Dasna, Iwayan. 2009. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Malang : Universitas Negeri Malang tidak di Terbitkan.

Depdiknas. 2008. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. BNSP. Jakarta: Badan Standar Satuan Pendidikan.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depatermen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. BSNP. Jakarta: Depatermen Pendidikan Nasional.

Furqon, M. 2006. Mendidik Anak Dengan Bermain. Surakarta: USM.

Jarver, Jess. 2007. Belajar dan Berlatih Atletik. Bandung: Pioner Jaya.

Maksum, Ali. 2008. Kualitas Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah: Antara Harapan dan Kenyataan. (Online), (http://puslitjaknov.org/data/file/2008/makalah_peserta/21_Ali%20Maksum_Kualitas%20Guru%20Pendidikan%20Jasmani%20di%20Sekolah.pdf), diakses 13 Desember 2012.

Mardianto. 2005. Rekontruksi Perilaku Sehat Menjadi Aspek Utama Penilaian Penjaskes. Jurnal.Pendidikan Jasmani, 15 (1): 55-65.

Mu’arifin. 2001. Pengembangan Sikap Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani se-Kota Malang. UNESA. Surabaya.

Poerwodarminto. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sambasalim, 2010. Konsep Efektivitas Pembelajaran, (Online), ((http://sambasalim.com/pendidikan/konsep-efektivitas-pembelajaran.html), diakses tanggal 10 Desember 2012

Saputra Y, P. 2001. Dasar-Dasar Ketrampilan Atletik Pendekatan Bermain Untuk Sekolah Lanjutan Pertama (SLTP): Direktor Jendral Pendidikan Dasar & Menengah.

Subagiyo, dkk. 2005. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: UT.

Sudianto, Mungit. 2005. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Menusia Melalui Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani, 15 (1): 28-36.

Sudjana, Nana dkk. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suherman, Saputra dan Hendrayana. 2001. Pembelajaran Atletik. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga.

Siedentop, D. (1991). Developing Teaching Skills in Physical Education. California: Mayfield Publishing Company.

UM. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UM.

Usman, Uzer. 2010. Menjadi Guru yang Profesional.Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Wahidmurni, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang. Universitas Negeri Malang UM PRESS

Winarno, M.E. 2006. Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan.