Studi Analisis Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Sentra dan Lingkaran di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Kepatihan


Analysis of Teacher Professionalism in Learning Centers and Circles at Aisyiyah Kindergarten Bustanul Athfal II Kepatihan


  • (1) * Aulia Wilda Isro            Jl. Raya Gelam, Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Taman kanak-kanak merupakan lembaga pendidik formal, yang memiliki tujuan hampir sama dengan lembaga pendidikan formal lainnya. Untuk itu sebuah taman kanak-kanak juga memerlukan guru yang profesional agar terwujudnya tujuan tersebut. Di samping itu model pembelajaran juga berpengaruh penting dalam keberhasilah suatu lembaga pendidikan. Saat ini model pembelajaran sentra dan lingkaran sedang berkembang dengan pesat sebagai model yang dianggap paling sesuai dengan karakter peserta didik dan mengeksplorasi minat dan bakat anak.Sedangkan keberadaan TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Kepatihan adalah lembaga pendidikan formal yang juga memiliki tujuan yang sama dengan pendidikan lembaga pendidikan formal lainnya.Dengan adanya sosialisasi tentang pembelajaran sentra dan lingkaran oleh Dinas Pendidikan, IGB, IGTKI di kecamatan Tulangan, saat ini TK Aisyiyah Bustanul Athfal II ini telah berupaya mengembangkan pembelajaran sentra dan lingkaran, agar terlaksana program pembelajaran sentra dan lingkaran dengan baik maka dilembaga tersebut juga mempersiapkan gurunya menjadi guru yang profesional dengan mengikutkannya dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan profesionalisme guru.

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Reneka Cipta. Burhan, B. 2010. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan IlmuSosial lainnya. Jakarta: Prenada Media Group. Departemen Pendidikan Nasional, Permen No 58 tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Yuliani ,Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks. Slamet, Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing. Kemnterian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajeman Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK SD, Pengelolaan Taman Kanak-Kanak. Jakarta:. Kemendiknas. Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajagrafindo Persada. Kurikulum Taman Kanak-Kanak, 2010. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak,. Jakarta. Kemendiknas. Kurikulum Taman Kanak-Kanak. 2010. Pedoman Pengenbangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kemendiknas. Moleong J. Lexi. 2008. Metodologi Penelitian Kuallitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2009. Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:: Alfabeta

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2013-02-28
 
How to Cite
Isro, A. W. (2013). Studi Analisis Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Sentra dan Lingkaran di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Kepatihan. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.43
Section
Educational Assessment Instruments