Optimalisasi Peran Madrasah Dalam Pengembangan Sistem Nilai Masyarakat
Optimizing the Role of Madrasahs in the Development of Community Value Systems
Abstract
Lembaga pendidikan Islam memiiki peran ganda selain menyiapkan anak didik menguasai pengetahuan yang berguna bagi kehidupan masa depannya juga memiliki tanggung jawab sebagai wadah pembentukan karakter religius anak dalam mengarungi kehidupan sosial dan akheratnya kelak. Madrasah sebagaimana lembaga pendidikan Islam juga berperan dalam penanaman dan pengembangan nilai masyarakat. Adanya pergeseran nilai dan tuntutan modernisasi menyebabkan lembaga pendidikan terseret pada pragmatisme yang menekankan orientasi kelulusan anak didik semata. Tuntutan pragmatis ini seakan menepiskan tujuan utama menyiapkan anak didik menjadi manusia yang utuh: berilmu, beriman, punya kepekaan sosial dan berkarakter.
References
Al-Faruqi , Ismail Raji, Islamisasi Pengetahuan, terj Anas Mahyudin Bandung : Pustaka 1984 Arifin, Muzayyin, kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,2003 Fasli Jalal dan Dedi Supriyadi, Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, Yogyakarta, Adi Cita, 2001 Hasan, M.ali, Mukti Ali, Kapita Selekta Pendidikan Islam Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya Kattsof, Louis A, Elements of Philosophy, alih bahasa Soejono Margono, Yogyakarta : Tiara Wacana, 1989 Latif, Abdul, Pendidikan Berbasis Nilai kemasyarakatan, (bandung: Refika aditama, 2007 Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofik dan Kerangka Dasar Oprasionalnya, Bandung ;Trigenda Raya ,1993 Muhaimin, wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, cet II 2004 Sutrisno, Loekman, Menuju Masyarakat Partisipatif, Yogyakarta ; Kanisius,1995 Tjokrowinoto, Moeljarto, Politik Pembangunan; Sebuah Analisis Konsep, Arah dan Strategi, Yogyakarta ; Tiara Wacana,1995
Copyright (c) 2012 Ida Rochmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.