Mengasah Interpersonal Skills Mahasiswa Calon Pendidik
Honing the Interpersonal Skills of Prospective Students
Abstract
Interpersonal skills merupakan salah satu hal penting dalam intelek manusia. Kegunaan kreatif dari pikiran manusia dituntut untuk mampu mempertahankan hubungan sosial manusia secara efektif. Banyak orang mampu memikirkan semua konsekuensi dari apa yang telah mereka perbuat, mengantisipasi tingkah laku orang lain, menentukan keuntungan dan kerugian, dan mengatasi dengan baik hal-hal hubungan interpersonal. Sebagai calon pendidik, kompetensi sosial dan Kapabilitas komunikasi interpersonal menjadi bagian penting dalam menjamin kualitas pendidik. Pendidik yang sukses adalah pendidik yang memiliki kemampuan bekerja sama, berempati, dan pengendalian diri yang menonjol.
References
David G. Lazer. 1996.
Seven Ways of Knowing Teaching for Multiple Intelligences. Australia: Hawker Brownlow Education Darling Darling, 2008.
Powerful Learning. San Fransisco: Jossey Bass Gardner, H. 1999.
Frames of Mind: The Theory of Multiple Intellegence for 21th Century. New York: Basic Books Goleman, D. 1995.
Emotional Intellegence: Why it Can Matter More than IQ. New York: Macmillian Publishing Company Goleman, D. 1999.
Working with Emotional Intellegence. London: Bloomsbury Publishing Plc. Himpunan Perundang-undangan Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010.
Bandung: Nuansa Aulia http://Surfaquarium.com/mi/invent/htm (Walter McKenzie: Multiple Intelligences Survey). Diakses tanggal 20 Desember 2009
Joyce. Bruce, Weil. Marsha. 1996.
Models of Teaching. New Jersey: Prentice-Hall. Jacobs. E. 1999.
Cooperative Learning in Context. An Educational Innovation in Everyday Classroom. New York: Albany, State University of New York Press. Kendall, J.S & Marzano, J.R .1997.
Content Knowledge: Compendium of Standards and Benchmarks for K-12 Education: Mid-Continent Regional Education Laboratory, Inc.
Riyanto, Theo., 2002, Pembelajaran sebagai Proses Pembimbingan Pribadi. Jakarta: Grassindo Slavin. R. 1995. Cooperative Learning. 2nd edition. Allyn & Bacon. A Simon & Aschuster Company
Copyright (c) 2011 Akhtim Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.